Perawatan Rumah

Banyak hewan yang kerap mengganggu dan menjadi masalah di rumah, salah satunya adalah kecoa. Hewan ini berbahaya lantaran menjadi sumber datangnya penyakit. Karena itulah, dibutuhkan penanganan yang tepat untuk mengusir kecoa.

Untuk mengusirnya, Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Mengutip Liv Space, berikut 5 bahan alami yang terbukti efektif mengusir kecoa.

1. Minyak peppermint

Minyak peppermint memang terkenal untuk perawatan kecantikan, tetapi minyak ini juga ampuh untuk menghilangkan kecoa dari rumah. Sama halnya dengan tikus, kecoa sangat tidak menyukai wewangian segar yang keluar dari minyak peppermint.

Caranya, teteskan minyak peppermint ke dalam kapas, lalu gosok kapas tersebut ke sudut rumah yang paling sering dihinggapi oleh binatang hama tersebut.

Cara lainnya adalah dengan membuat campuran air dan minyak peppermint ke dalam botol semprot. Kemudian, Kamu tinggal menyemprotkan larutan tersebut ke bagian yang paling sering dilewati kecoa.

2. Daun salam

Kecoa sangat tidak menyukai wangi daun salam yang menyengat. Kamu cukup menggerus/menghancurkan beberapa lembar daun salam hingga berbentuk bubuk. Kemudian taburkan di beberapa tempat yang memiliki potensi untuk dihinggapi kecoa.

3. Daun neem

Sama halnya dengan minyak peppermint, selain dikenal sebagai obat tradisional untuk kecantikan, daun neem juga terbukti ampuh mengusir kecoa.

Caranya adalah dengan merebus daun neem selama 10 menit dan diamkan sejenak hingga dingin. Hasil rebusan air tersebut bisa Kamu semprotkan menggunakan botol semprot pada bagian rumah yang kerap digunakan kecoa untuk bersarang.

4. Jus lemon

Selain ampuh menghilangkan noda, lemon juga dapat berfungsi sebagai bahan yang dapat mengusir kecoa secara cepat. Lemon memiliki sifat anti-patogenik yang dapat mengusir kecoa keluar dari rumah.

Caranya, siapkan lemon yang sudah diblender kemudian tambahkan air. Pastikan agar komposisi jus lemon lebih banyak daripada air, tapi jangan buat terlalu encer.

Kemudian, gunakan handuk kecil dan bersihkan seluruh perabotan rumah seperti meja, kursi, dan lantai menggunakan jus lemon. Lalu, rumahmu akan menjadi bersih dan lebih wangi dari sebelumnya. Kecoa pun tak tertarik untuk mendatangi rumahmu.

5. Campuran soda kue dan gula

Soda kue dan gula dapat mengurangi populasi kecoa di rumah secara cepat lantaran kedua bahan tersebut ampih membasmi kecoa.

Kamu cukup mencampurkan kedua bahan tersebut dengan komposisi yang sama. Kemudian, taburkan campuran tersebut di area rumah yang biasanya dilalui kecoa. Ingat, ulangi taburan kedua bahan tersebut sesering mungkin agar rumahmu akan terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh kecoa.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply