Bahan Bangunan

Banyak tersedia pilihan penutup lantai yang bisa bikin rumah Kamu jadi makin ciamik. Salah satu di antaranya adalah ubin keramik. Sekilas memang mirip ubin porselen, tetapi ubin keramik punya keunggulannya sendiri lho.

Dikutip dari laman Zothex, berikut adalah 7 alasan kenapa Kamu harus memakai ubin keramik sebagai penutup lantai di rumah.

1. Harga Terjangkau

Salah satu keuntungan yang pasti disukai oleh warga +62 adalah harganya yang lebih terjangkau ketimbang jenis lantai lainnya. Umumnya harga keramik lebih murah ketimbang ubin porselen lantaran terbuat dari tanah liat yang kurang halus. Ubin keramik juga awet dan tidak butuh penggantian secara keseluruhan ketika terdapat kerusakan kecil.

2. Tahan lama

Ubin keramik termasuk yang paling awet di pasaran hingga sekitar 10 – 20 tahun bila dirawat dengan benar. Membutuhkan daya yang berat untuk dapat bikin ubin keramik pecah. Jadi, Kamu tak perlu cemas soal retakan atau penyok gara-gara perabotan berat. Ubin keramik adalah salah satu opsi terbaik untuk ruangan dan area yang kerap dilintasi lantaran keras dan tahan gores.

3. Minim pemeliharaan

Ubin keramik tak membutuhkan perawatan khusus, jadi cocok buat Kamu yang mageran soal membersihkan lantai. Perawatan keramik sederhana sekali, cukup disapu atau menyedot debu dan kotoran secara rutin. Noda yang membandel pun cukup dipel dengan cairan pembersih.

4. Beragam pilihan desain

Ubin keramik tersedia dalam berbagai macam gaya, pola, dan desain. Karena itulah, ubin keramik merupakan pilihan yang tepat bila Kamu menginginkan penampilan berbeda pada setiap bagian rumah. Ubin keramik pun juga bisa dipotong agar sesuai dengan kebutuhan atau bahkan menghadirkan gaya yang lebih unik.

5. Mengurangi terjadinya alergi

Ubin keramik tidak mudah menarik debu, kotoran, tungau debu, bulu hewan, atau serbuk sari seperti lantai karpet. Tentunya hal ini menguntungkan khususnya bagi mereka yang memiliki masalah alergi terkait debu. Selain itu, rumah jadi lebih bersih dan sehat karena lantai ini menarik debu lebih sedikit.

6. Tahan api

Ubin keramik memiliki ketahanan terhadap api. Penutup lantai yang tahan terhadap api menjamin keamanan keluarga di rumah, terlebih lagi jika ada anak-anak di rumah. Ubin keramik lebih tahan api dibandingkan ubin lainnya lantaran diproduksi pada suhu yang sangat tinggi. Karena itu, keramik tidaklah mudah terbakar bahkan ketika Kamu menjatuhkan rokok yang menyala di lantai.

7. Mudah dipasang

Memang disarankan untuk menggunakan jasa tenaga ahli untuk memasangnya, tetapi orang awam pun juga bisa memasangnya sendiri karena keramik memang relatif mudah ditangani. Jadi, dengan bermodalkan video tutorial Kamu pun bisa memahami cara memasang ubin yang benar di rumah. Ini akan sangat membantu karena apabila terjadi kerusakan Kamu pun bisa memperbaikinya sendiri.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply