Ubin keramik adalah salah satu material konstruksi yang dipakai untuk memberikan permukaan dan finishing yang halus pada dinding dan lantai. Biasanya permukaan ubin keramik sangat keras dan tahan abrasi sehingga memungkinkan Kamu untuk membersihkannya dengan lebih cepat. Pemasangan ubin keramik membutuhkan ketelitian yang tinggi agar posisinya sejajar dan tampak rapi.

Sebelum memasang ubin keramik, ada step yang tak boleh dilewatkan yakni merendam ubin keramik ke dalam air. Sebagaimana diketahui, ubin keramik memiliki pori-pori, tujuannya adalah agar ubin keramik dapat terikat pada permukaan lantai dan dinding melalui media semen.

Ubin keramik yang sudah direndam, pori-porinya sudah terisi dengan air sehingga akan menyerap air dari campuran. Ini akan membantu mencegah ubin retak atau terlepas.

Sedangkan ubin keramik yang tak direndam air sebelumnya, maka pori-pori akan menyerap air dari campuran semen sehingga mencegah adanya ikatan yang kuat sehingga membuat ubin cepat lepas.

Lama perendaman ubin keramik ini berbeda-beda tergantung tingkat penyerapan air dari ubin keramik tersebut. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 20 – 30 menit untuk proses perendamannya.

Cara yang tepat untuk merendam ubin keramik adalah dengan merendamnya sepenuhnya dalam air dalam ember atau baskom besar. Segera angkat ubin keramik bila sudah tidak ada lagi gelembung udara yang muncul. Hal tersebut menandakan seluruh pori-pori ubin sudah terisi oleh air.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply