Beli Properti

Salah satu indikator mahalnya biaya hidup di sebuah lokasi atau daerah adalah harga properti. Semakin terbatasnya lahan di suatu daerah, maka makin tinggi harga properti di kawasan tersebut, terutama yang berada di kota-kota besar.

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh konsultan properti Inggris, Knight Frank dalam The Wealth Report 2023. Kota Monaco menjadi kota termahal di dunia jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya yang ada di dunia. Dengan begitu, posisi kota termahal di dunia sejak tahun lalu belum bergeser. 

Seandainya Kamu punya uang senilai 1 juta Dollar AS atau setara dengan Rp 15,38 miliar, maka properti yang bisa Kamu miliki di Monako hanyalah ruangan seluas 17 meter persegi. Dengan kata lain, harga bangunan per meter persegi di kawasan Eropa Barat tersebut mahal sekali, yaitu sekitar Rp 904 juta.

Artinya jika Kamu ingin punya tempat tinggal dengan luas 100 meter persegi, maka Kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 90,4 miliar.

Lalu, harga rumah tertinggi selanjutnya pada tahun 2023 berada di Hong Kong. Dengan bujet yang sama Kamu hanya bisa membeli ruangan dengan luas 21 meter persegi saja.

Harga rumah di New York dan Singapura nyaris sama. Dengan anggaran yang sama, Kamu hanya bisa memperoleh satu unit apartemen seluas 33 meter persegi di New York dan 34 meter persegi di Singapura.

Kota lainnya yang masuk dalam jajaran 10 besar harga rumah termahal di dunia adalah London, Geneva, Los Angeles, Paris, Sydney dan Shanghai.

Kota yang menempati posisi paling akhir dari 20 kota yang disurvei adalah Sao Paulo, Brasil. Dengan bujet 1 juta Dollar AS, Kamu bisa memiliki hunian dengan luas 231 meter persegi.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply