Beli Properti

Menurut Flash Report Rumah123.com tentang kondisi pasar properti di bulan Februari 2022, terungkap masyarakat lebih memilih daerah Tangerang sebagai lokasi pencarian rumah tapak ketimbang Jakarta Selatan (Jaksel).

Dari total permintaan di area Jabodetabek, permintaan rumah tapak yang berada di Tangerang mencapai 13,2%. Adapun lokasi terpopuler selanjutnya adalah Jakarta Barat dengan torehan angka sebesar 10,9%. Sedangkan pangsa pasar rumah tapak di daerah Jakarta Selatan sendiri menorehkan angka 10,3 persen.

Dalam laporan tersebut, tercatat Tangerang juga menjadi kawasan terfavorit para pencari hunian pada bulan Januari lalu dengan persentase sebesar 13,7%.

Bharat Buxani, Senior Vice President Marketing 99 Group Indonesia mengungkapkan, konsistensi minat pencarian properti di wilayah Jabodetabek disebabkan lantaran posisinya sebagai wilayah metropolitan terbesar di Indonesia sekaligus menjadi pusat bisnis serta perekonomian.  

“Saat ini wilayah Jabodetabek telah ditopang dengan berbagai pengembangan infrastruktur aksesibilitas yang terintegrasi dan fasilitas umum yang terjangkau,” ujar Bharat.

Dengan adanya permintaan hunian yang tinggi di kawasan Tangerang ternyata juga diikuti oleh kenaikan harga properti secara tahunan. Tercatat, kenaikan harga rumah per Februari 2023 kemarin menyentuh angka 4,1% ketimbang dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply