Perawatan Rumah

Banyak sekali makanan dan minuman yang disediakan untuk keluarga dan tamu yang berkunjung ketika momen Lebaran. Salah satu jenis minuman yang paling kerap disajikan ialah berbagai macam jenis soda. Tak hanya rasanya yang begitu menyegarkan, warnanya pun juga turut menarik perhatian.

Namun, minuman soda rentan tumpah terutama apabila banyak anak kecil yang datang berkunjung. Tapi tenang saja, jika karpet yang digelar di dalam ruang tamu terkena tumpahan air soda, Kamu tak usah panik.

Pertama-tama, yang harus Kamu lakukan adalah menggunakan tisu atau kain bersih untuk menghilangkan cairan sebanyak mungkin dari karpet. Ingat, jangan terlalu menekannya terlalu keras lantaran tumpahan air soda tersebut malah bisa terserap lebih dalam ke serat karpet. Jangan pula menggosoknya, lantaran justru bikin makin parah.

Kemudian, larutkan ½ sendok teh deterjen dan 1 cangkir air dingin. Tuangkan larutan deterjen tersebut pada area yang terkena noda dan bersihkan dengan menggunakan kain bersih dan kering lainnya. Usai area yang terkena noda mengering, gunakan penyedot debu untuk menyedot sisa residu deterjen.

Langkah ini juga turut membantu mengembalikan serat karpet ke tampilan normal. Jika ternyata noda soda tak hilang juga, maka Kamu bisa mencoba gunakan penghilang noda khusus karpet

Penghilang noda karpet memiliki kandungan surfaktan yang membuat pembersih bekerja lebih optimal. Beberapa noda dari tumpahan soda seperti soda berwarna merah atau soda anggur mungkin akan lebih sulit dihilangkan.

Cobalah cara ini, yaitu encerkan cuka makan ke dalam air (kira-kira rasio satu banding dua bagian). Selain cuka, Kamu juga dapat mencoba larutan sari lemon. Lakukan langkah pembersihan berulang-ulang sehingga mendapatkan kembali warna karpet yang bersih sempurna.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply