Beli Properti

Pemerintah mengucurkan dana sekitar 21 miliar rupiah buat bangun rumah susun sederhana sewa atau apartemen transit di zona industri Kecamatan Cibatu, Purwakarta, Jabar. Pembangunan rusunawa ini berlangsung pada 2020 – 2021.

“Apartemen transit ini dibangun untuk menyelesaikan masalah hunian bagi warga berpenghasilan rendah di Jabar, khususnya buruh,” ungkap Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Kang Emil ketika peresmian apartemen transit di Purwakarta, dikutip dari Antara, Rabu, 19 Juli 2023.

Anggaran untuk pembangunan gedungnya berasal dari Kementerian PUPR sekitar Rp 16,4 miliar, trus buat prasarana dan utilitas umum (PSU) sebesar Rp 4,2 miliar berasal dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Nah, tahun ini juga ada rencana nambahin PSU dengan anggaran Rp 1,7 miliar dari Pemprov Jabar.

Tujuan dari pembangunan apartemen ini adalah agar supaya masyarakat, terutama buruh, bisa dapet hunian yang layak dengan harga yang lebih terjangkau. Lokasinya pun strategis, deket sama zona industri atau tempat kerja buruh. Jadi, biaya transportasi jadi lebih hemat dan buruh bisa fokus kerja tanpa repot-repot mikirin tempat tinggal.

Nah, apartemen ini cuma buat sementara aja, ya, jadi gak bisa buat ditempatin untuk selamanya. Oh ya, apartemen ini merupakan satu dari empat apartemen yang dibangun sama pemerintah. Apartemen transit lainnya yakni Solokan Jeruk dan Rancaekek Kabupaten Bandung, Batujajar Kabupaten Bandung Barat, serta di Ujung Berung Kota Bandung.

“Jadi paling lama itu dua periode masa jabatan atau 10 tahun, dengan masa tinggal satu periode lima tahun,” terangnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Rachmat Taufik Garsadi bilang, apartemen transit Cibatu Purwakarta ini tidak khusus buat buruh aja. Orang lain yang berpenghasilan rendah juga bisa nempatin.

Tapi ada syaratnya, buat yang mau tinggal di sini, harus bayar sewa bulanan sekitar Rp250-Rp300 ribu. Trus, mereka juga wajib menabung, 10 persen dari penghasilannya, sekitar Rp200 ribu per bulan. Jadi, tujuannya buat mereka bisa lebih siap beli rumah nantinya.

Disadur dari medcom.id

Leave A Reply