Pembiayaan Properti

Kabar baik nih buat Kamu para pekerja mandiri atau informal. Soalnya, sekarang Kamu juga bisa dapetin fasilitas pembiayaan perumahan. BP Tapera dan BTN lagi rame-rame nih luncurin fasilitas pembiayaan rumah buat mereka. Acaranya digelar di Menara BTN, Jakarta pada Selasa (1/8/2023).

Ada enam agregator pekerja informal yang ikut andil, termasuk komunitas ojek online (ojol), tukang cukur rambut, nelayan, usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan pekerja honorer. Mereka ini dipilih pada tahap pertama program ini.

Biasanya, pekerja informal yang gajinya naik-turun susah banget akses pembiayaan perumahan. Tapi dengan program ini, mereka yang tadinya ‘unbankable’ jadi bisa menabung di BTN buat nunjukin kalau mereka layak buat dapetin KPR.

Jadi, peserta Tabungan BTN Rumah Tapera bisa menabung harian atau mingguan, minimal sekitar Rp 1,2 juta sebulan selama 3 bulan berturut-turut. Itu loh biar bisa dapetin KPR buat rumah sendiri.

“Kita inginnya bisa capai satu kali angsuran, sekitar Rp 1,2 juta,” tutur Nixon.

Program ini pada dasarnya kayak KPR subsidi, cuma bedanya BTN dan BP Tapera mau nyambungin KPR sama sisi tabungan.

Jadi, manfaatnya dua-duanya nih. Pertama, buat yang tadinya ‘unbankable’ bisa jadi ‘bankable’ karena punya catatan menabung. Kedua, peserta juga bisa punya tabungan buat hari tua setelah KPR-nya jadi.

Nah, yang bisa ikutan program ini harus punya KTP, udah nikah, dan umurnya nggak boleh kelewat buat mulai mengajukan dan sesuaiin tenornya. Semua orang bisa ikutan, tinggal daftar aja.

“Jadi kalau dia tenornya 20 tahun, ya berarti usia paling tua apply itu 45 tahun. Tapi kalau dia maunya tenor 15 tahun, ya usia 50 tahun bisa,” imbuh Nixon.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply