Perawatan Rumah

Dinding warna putih memang bisa bikin ruangan jadi terasa lebih lega, besar, bersih dan juga rapi. Cocok banget buat rumah minimalis. Tapi masalahnya cuma satu, gampang kotor.

Dinding warna putih gampang banget jadi kotor ketika berbenturan dengan benda lain, bergesekan dengan perabotan rumah, bahkan kena tangan yang kotor pun langsung kentara bekasnya.

Nah, buat rumah minimalis dengan dinding berwarna putih, penting banget nih buat menjaga agar tetap bersih dan rapih. Tapi tenang, gak sulit kok buat ngadepin noda dan kotoran di dinding putih. Berikut langkah sederhana yang bisa kamu lakuin:

1. Cek kebersihan dinding

Langkah pertama, cek dulu apakah ada debu atau goresan di dinding. Kalo noda gampang hilang, pake aja spons dan kain microfiber. Kalo yang lebih ngebandel, pake sikat penggosok khusus.

2. Bersihin langit-langit

Kalo mau bersihin langit-langit, gunain kain microfiber yang basah dan tangga buat yang tinggi. Jangan lupa ganti kainnya kalo udah kotor.

3. Pake pembersih serba guna

Untuk membersihkan dinding, gunain pembersih serba guna sama kain microfiber atau tisu handuk. Pilih pembersih yang sama teksturnya kayak sabun cuci piring, ya.

4. Gunain sabun cuci piring

Sabun cuci piring efektif banget buat bersihin dinding putih. Cobain pilih sabun cuci piring yang ringan dan gak ada banyak pewangi. Buat noda yang gak ngebandel, gunain spons basah sama sabun cuci piring aja.

5. Pakai soda kue buat noda membandel

Kalo noda masih ngebandel, coba pake soda kue. Campur soda kue sama air sampe jadi pasta, terus olesin ke dinding pake spons basah. Biarin sebentar, abis itu bersihin pake kain microfiber basah atau tisu.

6. Gunain sikat gosok buat noda susah ilang

Kalo semua cara di atas masih gagal, pake sikat gosok. Sikat aja perlahan ke permukaan dinding yang bermasalah sampe bersih. Cuma hati-hati, dinding yang dicat gloss atau semi-gloss gak boleh dgosok terlalu kenceng, bisa ninggalin noda.

Ingat, penting banget buat membersihkan noda secara teratur supaya gak meresap ke dinding. Jadi, jaga kebersihan rumah kamu, ya!

Disadur dari medcom.id

Leave A Reply