Beli Properti

Banyak cara yang ditempuh masyarakat Indonesia buat punya rumah, ada yang beli dan ada yang bangun sendiri. Tapi, yang paling umum adalah mereka yang bangun sendiri rumahnya. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang berjudul Statistik Perumahan dan Permukiman 2022 mengungkap ini.

Sebagian besar rumah tangga di Indonesia nih, punya rumah hasil pembangunan sendiri, yaitu sekitar 83,99 persen pada tahun 2022. Mayoritas dari mereka, baik di perkotaan maupun di pedesaan, punya rumah hasil usaha mereka sendiri, sekitar 82,68 persen.

Kalau yang beli rumah, ada yang beli dari pengembang sekitar 4,12 persen, ada yang beli dari yang bukan pengembang sekitar 4,67 persen, dan ada juga yang punya cara lain, misalnya lewat warisan atau hibah, sekitar 8,53 persen.

Nah, kalau yang bangun sendiri rumahnya, persentasenya lebih tinggi banget di pedesaan, sekitar 90,10 persen, sementara di perkotaan hanya sekitar 76,27 persen.

Kalau yang beli rumah, baik dari pengembang maupun bukan pengembang, lebih banyak ditemui di daerah perkotaan. Terus, yang punya rumah hasil cara lainnya, juga lebih umum di perkotaan daripada di pedesaan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply