Investasi Properti

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bilang, Singapura sama Malaysia ngaku mau investasi di IKN. Mereka pengen bangun apartemen, hotel, sampe pusat hiburan.

Agung Wicaksono selaku Deputi Pembiayaan dan Investasi Otorita IKN, bilang minat orang luar buat invest di IKN makin naik terus, nih.

“Terbanyak memang perusahaan dari Indonesia, lebih dari setengahnya. Kemudian dari Asean ada Singapura dan Malaysia. Yang lainnya, Jepang dan Korea,” ucap Agung dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (4/8/2023).

Selain itu, buat negara Asean, Malaysia nih, ada dua perusahaan properti yang udah janji bakal ngebangun 20 gedung apartemen di IKN, bro. Kedua perusahaan yang mau ngebangun apartemen di IKN ini namanya IGM Properties SDN BHD sama Maxin Global BHD, loh.

Nah, mereka lagi ngecek dulu, nih, apakah bisnisnya jalan atau enggak, trus nunggu ijin dari pemerintah sebelum mulai ngebangun.

Tadi juga, ada perusahaan dari China, CCFG Corp, yang masuk dalam kelompok Nusantara bareng PT Risjadson Brunsfield Nusantara. Mereka katanya juga bakal bangun apartemen ASN di IKN. Katanya sih, mereka lagi cek bisnisnya juga sebelum mulai ngebangun.

“Sekarang mereka sudah memasukan FS [feasibility study] atau studi kelayakannya, kemudian sekarang sedang dirivew dan nanti akan dilihat,” terangnya.

Tapi, pengecekan itu sepertinya bakal kelar tahun ini, bahkan bisa dikebut jadi rampung bulan depan, bro. Kelompok Nusantara yang terdiri dari CCFG Corp sama PT Risjadson Brunsfield Nusantara punya rencana untuk ngebangun 60 gedung rusun dengan modal gede banget, Rp30,8 triliun!

“Selesainya di 2024, cuma berapa banyak [yang terealisasi] ya tergantung kapan mulainya kan. Diharapkan Agustus 2024 akan ada upacara di sana, berarti sebelumnya kan harus sudah ada, makanya sekarang tinggal ngeliat waktunya,” jelasnya.

Jadi, menurut Haryo, secara inti, apartemen yang bakal dibikin sama dua grup bisnis swasta ini punya desain dasarnya yang mirip banget sama 47 rusun ASN yang bakal dibikin pemerintah pake APBN.

Gini, desain dasarnya dikeluarin sama Kementerian PUPR, yang artinya tiap gedung punya 12 lantai dengan ukuran unit sekitar 98 meter persegi.

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply