Perawatan Rumah

Nih, gini ceritanya, septic tank itu semacam bak air yang digunakan buat nampung dan olah kotoran manusia yang biasanya ada di rumah-rumah. Tangki ini tuh diciptain buat jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Nah, supaya septic tank ini bisa berfungsi dengan baik, kita perlu ngelola dan jaga dia. Salah satunya dengan rutin nge-sedot isinya atau menjaga supaya dia nggak bocor.

Tapi, lo tahu nggak sih, kalo septic tank ini bisa jadi bahaya kalo dibuat nggak sesuai standar teknis yang bener?

Aris Supriyanto selaku Direktur Utama Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah Jakarta Raya (PD PAL Jaya) bilang, septic tank bisa meledak kalo nggak dibuat dengan standar teknis yang bener. Karena air kotoran di dalamnya bisa menghasilkan gas methana (CH4) yang bisa meledak.

Salah satu penyebabnya biasanya karena nggak ada pipa vent (ventilasi pipa) yang fungsinya buat sirkulasi udara dan mengeluarkan gas methana itu. Jadi, penting banget, ya, bikin septic tank sesuai standar biar aman.

“Air limbah dalam tangki septik itu menghasilkan gas Methana (CH4) yang mudah meledak. Jadi tangki septic tank harus dilengkapi pipa vent agar Gas Methana yang terbentuk tidak terakumulasi dalam tangki,” ucap Aris ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (21/12/2021). 

Nah, nih, Aris bilang gini, kalo gas methana nggak dikeluarin dari tangki, bisa meledak lho, bahkan cuma kalo nyala rokok aja bisa meledak! Makanya penting banget, nih, dalam bikin septic tank di rumah, harus sesuai sama aturan teknisnya.

Selain yang udah kita omongin tadi soal pipa vent, septic tank sebaiknya juga punya kapasitas minimal satu meter persegi kalo buat empat orang.

Jangan lupa, septic tank juga jangan terlalu deket sama sumber air tanah yang biasanya kita pake sehari-hari di rumah. Ini biar airnya nggak terkontaminasi sama limbah kotoran dari septic tank, khususnya kalo ada kebocoran. Jadi, selain buat nyaman, juga buat jaga lingkungan dan kesehatan kita semua.

“Idealnya minimal kapasitas volume tangki septictank itu satu meter persegi tangki untuk empat orang,” katanya.

Tangki septic tank, Aris menambahkan, sebaiknya disedot minimal sekali dalam tiga tahun.

“Karena tangki yang tidak pernah disedot dalam waktu lama itu bisa bocor dan berisiko mencemari air tanah yang biasa digunakan sehari-hari di rumah,” tandas Aries.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply