Perawatan Rumah

Jadi, septic tank itu kayak tangki kedap air buat nampung dan olah limbah kotoran manusia di rumah kita yang biasanya ada di bawah tanah. Kita punya septic tank biar rumah tetep bersih dan lingkungan sekitarnya juga sehat. Tapi, kalo kita gak jaga dan gak sedot septic tanknya dengan baik, bisa ada risiko nih.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (15/2/2022), Aris Supriyanto, selaku Direktur Utama Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah Jakarta Raya (PD PAL Jaya), kalo septic tank gak pernah disedot dalam waktu yang lama, bisa bikin bocor.

Nah, kalo bocor, bisa jadi limbah dari septic tank itu nyusup ke tanah dan mencemari air. Soalnya, di dalam septic tank ada puluhan miliar mikroba yang kalo lolos bisa bikin air jadi kotor.

Pencemaran ini lebih berbahaya lagi kalo septic tanknya deket sama sumber air di rumah kita. Jadi, septic tank harus dijaga dan disedot secara teratur biar lingkungan tetep bersih dan kita sehat.

“Jadi akibatnya bakteri E-Coli akan mencemari air yang kita gunakan sehari-hari di rumah.” terang Aris kepada Kompas.com, Selasa (21/12/2022).

Nah, selain itu, septic tank juga bisa bocor kalo konstruksinya nggak bener atau nggak sesuai aturan teknisnya, bro. Makanya, bikin septic tank tuh harus hati-hati banget, harus sesuai prosedur yang udah dibikin sama yang ngerti.

Tapi, masalahnya, septic tank tuh biasanya terkubur dan cuma jadi tempat nampung kotoran, jadi seringkali pemiliknya lupa atau males ngurusinnya.

“Sedot lumpur septic tank itu seharusnya dilakukan secara berkala, setidaknya satu kali dalam satu tahun,” Aris kembali menerangkan.

Di wilayah Jakarta, kalo Kamu butuh jasa sedot septic tank, Kamu bisa manggil PAL Jaya. Mereka tuh badan usaha yang punya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Nah, mereka bakal ngirim truk khusus buat ambil limbah kotoran dari septic tank lo.

Setelah itu, limbah itu akan dibawa ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Duri Kosambi atau Pulo Gebang. Di sana, mereka bakal olah limbah itu jadi air yang udah baku dan aman buat dibuang ke sungai atau lingkungan.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply