Beli Properti

Harga rumah di area Bekasi nambah seiring berjalannya moda transportasi baru, yaitu kereta light rail transit (LRT) Jabodebek. Berdasarkan laporan terbaru dari Rumah123.com bulan September 2023, harga rumah di Bekasi naik sekitar 5,8 persen. Kenaikan ini jadi yang paling signifikan di sekitar Jabodetabek.

Shafirra Shikka Larasati, General Manager 99 Group Indonesia, bilang, kehadiran LRT Jabodebek mempengaruhi permintaan rumah, terutama di kecamatan-kecamatan deket stasiun.

ÔÇťOperasional LRT Jabodebek yang baru saja berlangsung memang belum terlihat mempengaruhi kecamatan-kecamatan di Bekasi dari sisi popularitas secara signifikan,” ucap Shafirra dalam keterangan resminya, dilansir Senin (25/9/2023).

Shafirra nambahin, ke depannya diharapkan LRT Jabodebek bakal bikin kecamatan-kecamatan di Bekasi sekitar stasiun makin hits. Dia cerita, Bekasi masih jadi incaran gara-gara banyak pengembang kelas atas bikin proyek besar di sana. Lagian, lokasinya juga strategis, deket sama akses tol dan KRL Commuter Line.

Selain itu, 99 Group catet bahwa minat sewa dan beli rumah di Bekasi naik. Mulai dari Januari sampe Agustus 2023, permintaan rumah beli naik 82,5 persen dan rumah sewa naik 92,8 persen. Kalo dibandingin sama Juli 2023, peningkatannya kenceng, naik 72,8 persen buat rumah beli dan 41,9 persen buat rumah sewa.

Lebih detil lagi, ada lima kecamatan favorit buat nyari hunian di Bekasi: Medan Satria (11,8 persen), Pondok Gede (11 persen), Bekasi Barat (8,3 persen), Jatiasih (8,1 persen), sama Bekasi Utara (6,8 persen). Ini kelima daerah punya ciri yang mirip, kayak ada proyek bisnis dengan fasilitas umum lengkap, aksesnya oke, dan deket dari Jakarta.

Buanyaknya minat juga terlihat dari tiga daerah teratas, yaitu Medan Satria, Pondok Gede, dan Bekasi Barat, yang berbatasan langsung sama Jakarta Timur. Jadi jarak dari dan ke pusat Jakarta makin deket.

“Pada area ini juga terdapat pengembangan berskala kecil hingga berskala kota mandiri, sehingga menarik proporsi peminatan lebih besar dibandingkan kecamatan lainnya,” kata Shafirra.

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply