Perawatan Rumah

Tanaman lidah mertua atau snake plant termasuk dalam golongan sukulen, artinya tanaman ini bisa ngontrol kelembapan dirinya jadi gak perlu disiram tiap hari. Cuman, ternyata banyak orang yang ga ngerti soal ini jadinya malah bikin tanaman lidah mertua ini bisa kena penyakit.

Salah satu penyakit sering mengincar tanaman lidah mertua ini adalah busuk akar. Bila gak segera ditangani, bisa-bisa penyakit ini bikin tanaman lidah mertuamu meninggoy.

Seperti dilansir dari House Digest, beberapa gejala penyakit yang dialami si tanaman ini antara lain daun yang layu atau terkulai, daun yang terlihat kusam, serta daun bertepi coklat dan berujung. Penyebabnya adalah akar tanaman yang tersedak akibat pembusukan, jadinya gak mampu lagi nyerap nutrisi atau oksigen.

Nah, kalo lo tiba-tiba liat lidah mertua di rumah udah kena busuk akar, langkah pertama yang mesti lo lakuin adalah cabut tanaman lidah mertua dari potnya. Bersihin tanah yang masih nempel di akarnya. Terus, cuci akarnya di bawah air keran pelan-pelan. Jangan sampe airnya terlalu kenceng, nanti bisa rusak akarnya.

Terus ambil gunting, potong semua akar yang udah busuk. Pastiin gak ada sisa akar busuk, soalnya walau sekecil apapun, bisa ngaruh ke akar yang masih sehat.

Kalo lo masih mau pakai pot yang lama, bersihin dulu dengan rendam dalam campuran air hangat sama sabun cair. Setelah itu, pindahin tanaman ke pot yang udah diisi tanah baru.

Ingat, lo harus hati-hati, jangan sampe terlalu banyak ngasih pupuk. Soalnya, akarnya masih sensitif banget. Pantau perkembangan tanaman lidah mertua lo dengan seksama dan jangan sampe menyiramnya secara berlebihan.

Minimal lo menyiram tanaman lidah mertua itu seminggu sekali biar mencegah pembusukan akar di kemudian hari. Pastiin juga pot yang lo pake punya lubang drainase yang memadai.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply