Beli Properti

Harga rumah di area Jabodetabek dari tahun ke tahun naik mulu. Kenaikan paling tinggi ada di Bekasi yang melonjak sekitar 5,8 persen.

Flash Report dari Rumah123.com bulan September 2023 nunjukin kalo kehadiran moda transportasi massal Light Rail Transit (LRT) di Jabodebek punya dampak gede di permintaan rumah, terutama di kecamatan sekitar stasiun.

Shafirra Shikka Larasati selaku Business Improvement General Manager 99 Group Indonesia bilang kalo operasional LRT Jabodebek yang baru berjalan belom terlalu kelihatan pengaruhnya di kecamatan-kecamatan di Bekasi dari sisi popularitas.

“Ke depannya, dalam jangka panjang, diharapkan keberadaan LRT Jabodebek akan meningkatkan popularitas kecamatan-kecamatan Bekasi yang terletak di sekitar kawasan stasiun,” kata Shafirra dikutip Senin, 2 Oktober 2023.

Dia bilang, wilayah Bekasi masih populer berkat pembangunan besar-besaran dari beberapa pengembang top, posisi strategisnya, dan deket dari akses lain kayak tol dan KRL Commuter Line.

Dari data 99 Group, sejak Januari 2023, minat orang untuk nyewa atau beli rumah di Bekasi nambah banget. Dari Januari sampe Agustus 2023, permintaan rumah yang dijual naik sekitar 82,5 persen dan rumah yang disewain melonjak sampe 92,8 persen.

“Jika dibandingkan dengan Juli 2023 pertumbuhannya terbilang signifikan, yakni 72,8 persen untuk rumah jual dan 41,9 persen untuk rumah sewa,” terang dia.

Kota di Bekasi yang paling diincar

Ada lima daerah populer buat cari tempat tinggal di Bekasi nih. Pertama, Medan Satria sekitar 11,8 persen, kedua, Pondok Gede 11 persen, ketiga, Bekasi Barat 8,3 persen, keempat, Jatiasih 8,1 persen dan terakhir, Bekasi Utara 6,8 persen. Kelimanya punya ciri khas serupa, ada pembangunan komersial, fasilitas umum yang lengkap, akses gampang, dan gak jauh dari Jakarta.

Tiga teratas, Medan Satria, Pondok Gede dan Bekasi Barat berdampingan langsung sama Jakarta Timur, jadi jaraknya dari dan ke pusat Jakarta lebih deket. Di area ini juga banyak proyek perumahan kecil sampe kota mandiri, jadi minatnya lebih gede dibandingin daerah lain.

Buat usia, kebanyakan yang lagi cari properti di Bekasi itu usianya antara 25-34 tahun sekitar 40 persen, terus yang 45-54 tahun ada sekitar 27,5 persen. Soalnya, harga properti di Bekasi, khususnya yang deket Jakarta, lebih mahal daripada kota satelit lainnya kayak Depok dan Bogor. Makanya, yang muda-muda, kira-kira 18-24 tahun, cenderung lebih milih yang lain.

Disadur dari medcom.id

Leave A Reply