Beli Properti

Buat Kamu Warga negara asing (WNA), Kamu juga bisa lho ngedapetin fasilitas Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) ketika beli rumah di Indonesia. Tetapi, WNA yang boleh menikmati diskon PPN ini cuma mereka yang sudah punya nomor pokok wajib pajak (NPWP) sendiri.

Kebijakan ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120 Tahun 2023 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Rumah Tapak Dan Satuan Rumah Susun Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2023.

Pada pasal 6 ayat 2 dalam beleid tersebut disebutkan WNA yang sudah punya NPWP bisa menikmati fasilitas PPN DTP sepanjang memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur soal kepemilikan rumah tapak atau satuan rumah susun.

Sama seperti halnya dengan WNA, Warga Negara Indonesia (WNI) yang juga pengen ngedapetin fasilitas diskon PPN ini pun juga harus sudah punya NPWP atau Nomor Identitas Kependudukan (NIK).

Oh ya, pemerintah ngasih diskon PPN sebesar 100 persen ini khusus buat masyarakat yang membeli rumah dengan acara serah terima mulai tanggal 1 November 2023 sampai dengan tanggal 30 Juni 2024. Sedangkan buat pembelian rumah dengan acara serah terima yang dilaksanakan dari tanggal 1 Juli 2024 sampai 31 Desember 2024 pemerintah ngasih diskon PPN sebesar 50 persen.

Seperti yang sudah diketahui, merujuk pada regulasi baru soal diskon PPN atau PPN DTP ini, Kamu bisa menikmati diskon ini buat pembelian rumah dengan hargi paling tinggi sebesar Rp 5 miliar. Meski begitu, pemerintah cuma ngasih diskon PPN ini buat Rp 2 miliar pertama aja.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply