Beli Properti

Pemerintah udah resmi ngerilis aturan yang bikin pembeli rumah bisa menikmati fasilitas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) alias diskon PPN terhitung mulai dari bulan November 2023 sampai Desember 2024 ke depan.

Aturan ini termaktub dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120 Tahun 2023 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Rumah Tapak Dan Satuan Rumah Susun Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2023.

Pada pasal 3 dalam regulasi disebutkan kalau diskon PPN ini bisa dinikmati oleh pembeli rumah ketika ditekennya akta jual beli (AJB).

Selain itu, Kamu juga bisa menikmati diskon PPN ini ketika perjanjian pengikatan jual beli lunas berhasil diteken di hadapan notaris serta dilakukan penyerahan hak secara nyata buat menempati atau menguasai rumah tapak dan unit rumah susun siap huni.

Hal tersebut tentunya harus dibuktikan dengan berita acara serah terima terhitung sejak tanggal 1 November 2023 sampai dengan tanggal 31 Desember 2024.  

Lalu juga diterangin kalau berita acara serah terima tersebut kemudian harus didaftarin ke aplikasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atau Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). 

Kamu harus melakukan pendaftaran ini sesegera mungkin dan paling lambat pada akhir bulan berikutnya setelah dilaksanakan serah terima.

Buat Kamu yang beli rumah dengan acara serah terima terhitung mulai tanggal 1 November 2024 hingga tanggal 30 Juni 2024, maka Kamu bisa ngedapetin diskon PPN ini sebesar 100 persen.

Tapi kalau Kamu membeli rumah dengan berita acara serah terima terhitung mulai tanggal 1 Juli 2024 sampai dengan tanggal 31 Desember 2024, maka Kamu tetep dapet diskon PPN tapi cuma sebesar 50 persen aja.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply