Beli Properti

Ongkos buat sewa tempat di pusat perbelanjaan atau mal di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) bakal segera naik.  

Ferry Salanto selaku Head of Research Colliers Indonesia dalam laporan Kondisi Pasar Properti IV-2023 bilang, karena kunjungan mal membaik, maka ongkos buat bayar sewa juga bakalan ikut naik.

“Secara rata-rata memang belum kelihatan tapi yang yang jelas kemungkinan ada penyesuaian tarif sewa tahun ini,” katanya.

Diperkirakan kenaikan harga sewa ini gak bakal terlalu signifikan soalnya pengembang sudah menetapkan fokus mereka buat bikin mal jadi lebih hidup.

“Jika tingkat kunjungan dan tingkat huniannya semakin bagus maka lebih masuk akal bagi para pemilik mal untuk mulai memberlakukan taris sewa yang baru bagi para tenant,” ujar Ferry.

Rata-rata ongkos bayar sewa ruang ritel di Jakarta pada kuartal IV tahun 2023 adalah Rp 563.428 per meter persegi. Sedangkan buat area di sekitar Jakarta, yaitu Bodetabek, rata-rata ongkos bayar sewanya lebih terjangkau yaitu Rp 388.614 per meter persegi saja.

Kalau buat komponen biaya pemeliharaan mal-mal di Jakarta besarannya tembus Rp 153.519 per meter persegi per bulan. Sementara di Bodetabek, ongkos pemeliharaannya adalah sebesar Rp 120.128 per meter persegi per bulan.

Kebanyakan mal yang nanti hadir, Ferry menambahkan, bakalan berupaya buat mengisi penuh seluruh ruang ritel yang mereka punyai, sebelum akhirnya melakukan grand opening.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply