Perkembangan tipe atau model rumah seakan-akan gak ada habisnya, makin ke sini makin ada aja yang baru. Mulai dari rumah mini sampai rumah mobile yang bisa dipindah-pindah sesuka hati. Keren yak!

Dari sekian banyaknya model rumah unik yang ada, salah satu tipe atau model rumah yang gak boleh Kamu lewatin adalah rumah kontainer. Rumah ini lain daripada yang lainnya, soalnya pake kontainer.

Penasarankan, biar lebih jelasnya cek ulasan berikut ini!

Rumah Kontainer

Dari namanya aja udah ketara banget kalau rumah kontainer adalah rumah yang menggunakan shipping container atau peti kemas sebagai material bangunannya.

Dulunya, konsep rumah kontainer ini ngehits banget di Eropa sama Amerika, tapi sekarang udah banyak juga yang pake di Asia, termasuk Indonesia. Gak cuma buat hunian, loh, kadang kontainer juga dijadiin tempat usaha kayak restoran atau kafe yang punya gaya industrial.

Rumah kontainer punya keunggulan yang bikin orang tertarik banget, misalnya:

  • Penampilannya keren dan beda dari rumah-rumah pada umumnya. Bikin nilai estetikanya naik, deh.
  • Kuat banget, karena terbuat dari besi. Jadi, gak cuma tahan gempa, tapi juga tahan lama.
  • Gampang dipindahin, soalnya bentuknya ringkas. Jadi, kalo lo butuh pindah-pindah tempat, gampang bawa-bawa.
  • Gak perlu izin bangunan ribet, karena dianggap kayak bangunan sementara.
  • Harganya juga lebih terjangkau dibanding rumah biasa, padahal ukurannya sama.
  • Proses pembuatannya juga cepet, cuma sekitar 1-3 bulan, jauh lebih singkat dari rumah biasa yang bisa setahun baru jadi.
  • Plus, ramah lingkungan juga, karena pake kontainer bekas yang udah ga kepake lagi.

Tapi, tentu aja, ada juga kekurangannya, kayak:

  • Cepet banget panasnya, soalnya bahan dasarnya besi yang bisa ngisep panas matahari. Jadi, kalo siang panas, rumah kontainer bisa berasa sauna.
  • Ngangkutnya juga ribet, soalnya butuh truk gede yang gak semua jalan bisa lewatin.
  • Ukurannya udah standar, jadi gak bisa di-custom sesuai keinginan. Kalo mau rumah kontainer besar, harus beli beberapa kontainer sekaligus.

Jadi seperti itu guys. Gimana, tertarik gak buat tinggal di rumah dengan konsep kayak gini?

Disadur dari kontan.co.id

Leave A Reply