Lo pernah gak kepikiran buat tinggal di rumah yang transparan? Jadi kalo orang lewat itu bisa lihat lo lagi ngapain aja di dalem. Di Jepang sudah ada lhoh.

Sou Fukimoto Architects, sebua firma arsitektur dari Jepang bisa merealisasikannya. Sou Fukimoto Architects merancang sebuah hunian unik yang punya desain transparan. Berlokasi di kota Tokyo, Jepang, hunian dengan 85 m² ini dinamai “House NA”.

Mengangkat konsep rumah layaknya tinggal di dalam sebuah pohon, intensitas cahaya siang di rumah transparan ini melimpah. Tak ada satu pun dinding yang terbuat dari beton pada rumah unik yang satu ini. Pembatasnya pun cuma pake kaca transparan.

Biasanya, bangunan kaca kayak gini dipake buat gedung kantor, mall, atau museum. Tapi tim Sou Fukimoto Architects bikin terobosan dengan bikin rumah unik transparan. Penasaran sama isi rumahnya? Kita bakal jalan-jalan virtual, ngintip rumah unik ini tanpa perlu ke Jepang!

Desainnya Menjulang ke Atas

Kehidupan padat di Jepang, apalagi di kota kayak Tokyo, bikin harga tanah melambung tinggi. Makanya, kebanyakan rumah di Jepang coba manfaatin ruang vertikal. Salah satunya nih, rumah unik dengan desain transparan.

Keren lagi, dari luar nggak keliatan berapa lantai rumah ini. Tapi, menurut Sou Fujimoto, arsiteknya, rumah ini punya 3 lantai yang beda tinggi. Nggak kayak bangunan biasa yang lantainya datar semua. Ada 21 lantai dengan tinggi yang berbeda-beda di rumah transparan ini.

Gimana Soal Kamar Mandi?

Pasti kepikiran kan, gimana caranya mandi atau ganti baju di rumah unik transparan kayak gini?

Tenang, tiap sisi kaca punya tirai gorden buat privasi. Jadi, nggak setiap saat orang luar bisa liat ke dalam. Kamar mandi utamanya ada di lantai paling atas. Nah, yang kecil ada di bagian belakang yang menghadap ke luar rumah.

Gorden Sebagai Pemisah Ruangan

Rumah unik transparan “House NA” ini nggak punya dinding beton sama sekali. Buat pisahin satu ruangan sama yang lain, mereka pake sekat ruangan kreatif. Di sini, furnishing gorden minimalis dipake buat batasin tiap ruangan.

Bangunannya Tiga Lantai Tanpa Tangga Besar

Meskipun punya tiga lantai, rumah unik transparan ini nggak punya tangga besar kayak rumah biasanya. Tiap lantainya dikoneksikan pake tangga kecil buat hemat tempat.

Ada juga teras yang bisa diakses lewat jendela. Jadi, penghuninya bisa pindah ke atas buat santai-santai atau olahraga. Bermanfaat banget buat olahraga di rumah, kan?

Hemat Listrik Di Siang Hari

Desainnya yang transparan bantu rumah ini dapetin banyak cahaya siang. Jendelanya juga bantu aliran udara. Biar dingin, penghuni bisa buka jendela di siang hari. Jadi, nggak perlu AC dan lampu terus-terusan.

Ternyata, rumah unik bisa macem-macem bentuknya ya? Rumah transparan ini nunjukin, kendala lingkungan dan bangunan yang kurang kondusif bukan penghalang buat tetep kreatif. Keren kan?

Disadur dari dekoruma.com

Leave A Reply