Selain untuk menjamu tamu, teras merupakan salah satu bagian rumah yang juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat santai bersama keluarga.

Teras merupakan bagian rumah yang bersinggungan langsung dengan eksterior rumah serta sering terpapar sinar mentari dan air hujan secara langsung, maka penutup lantai untuk area teras haruslah yang tahan lama.

Dilansir dari laman Molin Design, berikut 3 bahan penutup lantai yang bisa digunakan pada area teras rumah. 

Keramik

Lantai keramik adalah salah satu opsi bahan terbaik untuk menutupi permukaan eksterior apa pun, tak terkecuali teras. Resistensi dan daya tahan lantai keramik ini sudah teruji.

Proses pemasangan dan perawatannya pun sederhana sehingga membuatnya menjadi material kesukaan banyak orang. Motif keramik yang tersedia di pasaran pun sangat beragam sehingga Kamu bisa memilih motif yang menyerupai kayu, batu, atau bambu.  

Lantai kayu

Lantai kayu pada area teras dapat menciptakan kesan hangat dan alami ketika menjamu tamu. Apalagi jika rumahmu memang didominasi oleh material kayu, maka lantai kayu akan sangat recommended sekali. Memang harganya akan lebih mahal ketimbang material lainnya, tetapi memiliki kualitas yang tinggi.

Lantai kayu merupakan bahan alam, sehingga Kamu wajib melakukan perawatan dengan maksimal. Kamu bisa melapisi lantai kayu dengan vernis dan lapisan pelindung untuk lantai yang tahan lebih lama serta estetik.

Lantai komposit

Jika Kamu ingin tampilan lantai kayu tetapi dengan harga yang lebih murah dan minim perawatan, maka lantai komposit jawabannya. Berbeda dengan kayu, lantai jenis ini tak mudah retak dan pecah sehingga tak membutuhkan perawatan khusus. Material ini juga sempurna untuk area outdoor lantarantak membusuk atau berjamur dari masa ke masa.

Kelebihan lainnya adalah lantai komposit memiliki daya anti selip yang tinggi serta sempurna dalam menahan radiasi matahari dan bahkan hujan yang paling deras sekalipun.

Dengan begitu, lantai komposit merupakan opsi terbaik buat Kamu yang ingin mendapatkan kehangatan kayu dengan cara yang lebih ekonomis dan sederhana.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply