Beli Properti

Masyarakat kian meminati hunian seharga Rp 1 miliar, terutama di area metropolitan, Jabodetabek. Ini berarti daya beli properti masyarakat masih terjaga walau harga rumah tiap tahun semakin tinggi.

Menurut data Rumah.com  yang berjudul “Indonesia Property Market Report Q2 2023”, pada kuartal I-2023 pencarian properti Rp1 miliar meningkat hingga ke level 62%, lebih tinggi ketimbang periode yang sama yakni kuartal I-2022 yang sebesar 53%. 

Untuk indeks harga properti nasional pada kuartal I-2023 berada di angka 122,4 atau naik 1,7% secara kuartalan. Sedangkan secara tahunan, indeks harga rumah meningkat sebesar 7,1%

Kartika Dewi selaku Head of Corporate of Communications Pluang menyebutkan, kondisi keuangan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan seseorang untuk memiliki properti hunian. Karena itu, hendaknya setiap orang harus bisa mengukur kemampuan keuangannya sendiri sebelum membeli rumah.

“Masyarakat juga disarankan memiliki pandangan yang realistis dalam memutuskan pilihan properti dengan menyesuaikan kondisi ekonomi dan finansial yang dimiliki. Diperlukan strategi yang tepat agar mampu membeli properti yang diinginkan, salah satunya adalah dengan giat menabung dan berinvestasi,” ucap Kartika, Senin (22/5/2023). 

Tingginya ketertarikan pada properti Rp1 miliar ini menjadi sebuah harapan baru bagi dunia properti. Dari sisi konsumen, Kartika mendukung masyarakat untuk kembali menata ulang perencanaan investasi mereka dengan menyesuaikan pada kondisi terkini. 

Tika juga menyebutkan bahwa strategi investasi yang tepat bakalan lebih mudah untuk membuka peluang masyarakat akan impian mereka, terlepas dari profesi, asal-usul, ataupun kemampuan dalam melakukan investasi. 

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply