Beli Properti

Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR tengah menyiapkan pembangunan Rumah Susun Milik (Rusunami) di Kota Bandung yang diperuntukan bagi masyarakat.

Proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) tersebut diberi nama Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung. Dijadwalkan rusun ini rampung pada tahun 2025 nanti.

Herry Trisaputra Zuna selaku Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan dalam sambutannya yang disampaikan Haryo Bekti Martoyoedo selaku Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan mengungkapkan, pembangunan rusun ini adalah sebuah kolaborasi Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kota Bandung dalam upaya mengatasi backlog perumahan.

“Proyek KPBU Rusun Cisaranten akan menyediakan 1.879 unit. Rusun ini akan memiliki 10-11 lantai dengan kombinasi mulai dari studio, 1BR, 2 BR, 3 BR hingga unit khusus difabel,” ungkapnya dalam acara Expo Properti Kota Bandung, Sabtu (8/7/2023).

Menurut dia, rusun ini akan menggunakan skema Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKBG), yakni kepemilikan rusun terbatas selama 60 tahun yang bisa diperpanjang selama 30 tahun, sebelum dikembalikan ke pemerintah pada penghujung masa SKBG.

“Lokasi Proyek KPBU Rusun Cisaranten strategis dekat pusat Kota Bandung, sekitar Jl AH Nasution Kota Bandung. Rusun Cisaranten akan memiliki fasilitas yang lengkap mengusung tema bangunan gedung hijau dengan view riverside, yang ekonomis dan ramah lingkungan,” jelasnya.

Ditambahkan Herry, untuk harga rusun nantinya dibanderol mulai dari Rp 250 juta. Masyarakat dapat mengangsurnya dengan nominal terjangkau, dan bakal memperoleh subsidi pembiayaan dari Pemerintah bagi yang memenuhi syarat.

Jika Kamu berminat untuk untuk menjadi salah satu penghuni Rusun Cisaranten, Kamu bisa mendaftarkan diri di acara Expo Properti Kota Bandung mulai 8-16 Juli 2023.

Caranya dengan mendatangi booth Kementerian PUPR Nomor 31-32 untuk memastikan data-data yang diberikan ketika mengisi tautan minat sudah benar, agar bisa dihubungi kembali.

“Selain itu juga dapat mengikuti beberapa rangkaian talkshow yang kami adakan hari ini (8 Juli) dan juga pada tanggal 14 Juli 2023,” tandas Herry.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply