Investasi Properti

Asal tahu aja, sejumlah developer perumahan mewah ngelirik tempat baru nih buat ngembangin proyek, yaitu di Karawang, Jawa Barat. Ini daerahnya pas di timur Jakarta, loh. Alasannya sih simpel, Karawang punya pertumbuhan ekonomi yang paling ngacir di Jawa Barat dan investasinya juga makin hidup.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, juga mastiin kalo investasi di tempatnya aman banget. Makanya, pertumbuhan ekonominya naik sampe 6,33 persen, lebih tinggi dari Jawa Barat pada umumnya yang cuma 5,45 persen dan pusat kota juga cuma 5,33 persen di tahun 2022.

Jadi, investasi di Karawang juga lagi rame-rame. Dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang, realisasi investasinya sampe paruh pertama tahun 2023 udah mencapai angka fantastis, yaitu Rp 22,36 triliun. Ini jadi posisi kedua setelah Kabupaten Bekasi yang nyentuh Rp 26,47 triliun.

Khususnya di paruh pertama tahun 2023, sektor perumahan, industri, dan perkantoran bersaing ketat buat jadi yang paling ramai investasinya di Karawang. Meskipun yang paling dominan itu proyek perumahan yang buat masyarakat biasa, tapi yang mewah juga ikutan dong.

Gak cuma itu, jalan-jalan di Karawang juga enak banget. Ada akses tol Jakarta – Cikampek, tol Layang MBZ, tol Japek Selatan, dan ada Stasiun Kereta Cepat di sana. Plus, dekat juga sama Bandara Soekarno – Hatta dan Pelabuhan Patimban di Subang. Jadi, nggak susah buat ke mana-mana nih!

Emangnya, siapa aja sih developer perumahan mewah yang ngelirik Karawang?

Sebenarnya ada beberapa pihak yang udah menancapkan kakinya di Karawang, sebut saja Agung Podomoro Land, PT Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE) punyanya Lippo Group, Summarecom Emerald Karawang, sama The Grand Outlet-East Jakarta.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply