Beli Properti

Nih, berdasarkan info dari 99 Group, yang punya marketplace Rumah123.com sama 99.co, kayaknya masyarakat masih lebih banyak yang nyari landed house alias rumah tapak ketimbang apartemen atau tanah.

Cek aja, pencarian rumah tapak itu masih mendominasi banget, 64,1 persen loh sepanjang setengah pertama 2023. Jauh lebih banyak dibandingkan yang nyari apartemen yang cuma 10,4 persen, atau yang nyari tanah 9 persen.

Menurut Maria Herawati Manik, yang jadi Country Manager 99 Group Indonesia, dari segi harga, orang-orang lebih suka yang harganya antara 400 juta sampe 1 miliar, atau yang 1 miliar – 3 miliar.

Artinya, orang kelas menengah dan menengah atas lagi demen nyari properti di rentang harga itu. Terutama generasi muda, yang usianya 18-44 tahun, mayoritas dari mereka, sekitar 70,4 persen, lagi sibuk nyari properti. Makin banyak yang cari rumah nih.

“Jika diamati lebih jauh dan dibandingkan dengan [capaian] semester II/2022, kelompok usia 25-34 tahun mengalami pertumbuhan tertinggi dibanding kelompok usia lainnya, mencapai 2,8 persen. Umumnya mereka merupakan kalangan yang baru saja menikah, membangun keluarga baru sehingga memiliki keinginan untuk mempunyai hunian sendiri. Ini dapat mendorong pertumbuhan dalam pencarian properti karena mereka mencari rumah atau tempat tinggal yang sesuai dengan perkembangan kondisi mereka saat ini,” terangnya dalam agenda konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/9/2023).

Seiring dengan fenomena tersebut, lanjut Maria, pasar properti wajib hukumnya buat ngemanfaatin peluang minat pada kelompok usia tersebut.

Disadur dari bisnis.com

Leave A Reply