Investasi Properti

Pembangunan salah satu gedung tertinggi di Jerman mendadak mandek di tengah jalan setelah pengembang berhenti membayar pembangunnya. Kejadian ini bikin daftar tanda-tanda tidak menyenangkan bagi sektor properti yang bermasalah di negara itu bertambah.

Melansir reuters, Minggu (5/11/2023), signa, raksasa properti Austria dan owner Gedung Chrysler New York, udah bikin kemajuan yang stabil tahun ini di gedung pencakar langit Elbtower 64 lantai yang didirikan di Hamburg.

Tapi Signa, yang dibangun oleh René Benko, mengalami hambatan dalam pembayarannya kepada pembangunnya. Demikian seperti disampaikan seorang eksekutif dari Lupp, sebuah firma konstruksi.

“Kegiatan konstruksi kami di Elbtower telah dihentikan sementara karena pembayaran yang belum dibayar dari pengembang,” ucap Matthias Kaufmann, yang mengawasi keuangan Lupp dalam email kepada Reuters.

Signa pun tak merespon permintaan komentar. Kota Hamburg dan investor minoritas, anak perusahaan real estat Commerzbank Jerman (CBKG.DE), mengkonfirmasi pemberhentian tersebut.

Mangkraknya proyek tersebut memunculkan pertanyaan soal masa depan gedung dengan perkiraan nilai 1,3 miliar euro (US$ 1,38 miliar) itu nantinya. Kondisi ini dinilai sebagai peringatan dari pejabat kota, dan sebuah indikator lain dari masalah yang memukul sektor properti di ekonomi terbesar Eropa itu.

Selama bertahun-tahun sektor real estat sudah menjadi fondasi mata pencaharian Jerman, terhitung sekitar seperlima dari output dan satu dari 10 pekerjaan. Didorong oleh suku bunga rendah, miliaran mengalir ke properti, yang dianggap stabil dan aman.

Kini kenaikan tajam dalam suku bunga dan ongkos bangunan udah mengakhiri masa keemasan sektor properti, bikin developer gulung tikar karena pembiayaan bank mengering, kesepakatan membeku dan harga properti anjlok.

Anak perusahaan Commerzbank, Commerz Real bilang pembicaraan sedang berlangsung dengan Signa dan Lupp buat “menemukan solusi bersama” dan diharapkan pembangunan akan diteruskan.

Elbtower berlokasi di distrik HafenCity yang juga sebuah rumah bagi gedung konser baru, Elbphilharmonie. Penyewa harus mencakup hotel dan restoran Nobu, penasihat risiko Aon (AON. N), dan bank lokal.

CEO Signa Real Estate Timo Herzberg,  menjamu pemirsa beberapa minggu yang lalu ke situs tersebut saat cangkang bangunan hampir setinggi 330 kaki atau 100 meter.

Disadur dari detik.com

Leave A Reply