Properti Unik

Sebuah rumah di Belanda punya desain yang lain daripada yang lain. Sebagian rumah itu terkubur di bawah tanah. Terdapat hamparan bunga-bunga liar dan rerumputan pada bagian atasnya. Desainnya pun juga dibikin menyerupai sekelilingnya yang terdapat bunga dan rerumputan hijau.

Rumah ini didesain oleh WillemsenU. Desain rumah seperti ini bisa memberikan privasi buat penghuninya. Kamar tidurnya aja berada 6 meter di bawah tanah, sedangkan ruang tamunya berada di permukaan tanah dengan atap yang diselimuti oleh bunga liar.

“Lanskap kontur tanah di sekelilingnya dengan perbedaan ketinggian merupakan inspirasi besar,” ucap Arsitek Proyek Marrit Winkeler, dikutip dari Dezeen, Kamis (28/9/2023).

“Rumah ini dirancang sebagai bagian dari Lanskap ini, menjadi bagian dari bukit. (Rumah) itu bermain dengan visibilitas, secara bergantian melindungi dan membuka pemandangan cagar alam, menciptakan privasi dan perlindungan dari cuaca buruk,” imbuhnya.

Rumah ini berada di di padang rumput di tepi cagar alam yang dilindungi, di Eindhoven, Belanda. Untuk struktur rumah ini terbuat dari beton cor in situ, sedangkan fasadnya dibiarkan terbuka begitu saja yang dilapisi oleh papan kayu vertikal.

“Penggunaan kayu terinspirasi dari material vernakular yang digunakan untuk gudang dan lumbung di kawasan ini, dan digunakan secara internal dan eksternal,” terang Winkeler.

“Dengan menggunakan pola bilah kayu yang berbeda pada fasad, [desainnya] secara halus merujuk pada kandang kambing tua yang dulu ada di lokasi tersebut,” imbuhnya.

Ketika ingin memasuki rumah ini melalui tepi lapangan, Kamu bakal menemui jalan setapak yang berhiaskan bunga liar dan mengarahkan ke koridor berlapis baja Corten yang membelah lereng bukit. Di situ, Kamu akan menukan pintu besar yang mengarah ke ruang makan dan dapur yang luas.

Pada rumah ini juga ada banyak sekali jendela. Tentunya ini bisa mengoptimalkan cahaya yang masuk ke dalamnya. Ruang keluarganya menyambung dengan teras luar yang menawarkan pemandangan banyak bunga liar, sementara lantai bawahnya terdapat kamar tidur utama.

Sebagian rumah yang berada di bawah tanah bisa membantu mencapai kinerja tinggi, dengan panas yang diekstrasi dari bumi dengan sebuah pompa panas buat menghangatkan bagian dalam rumah.

Dengan rumah yang berada di bawah tanah juga bisa meningkatkan massa termalnya dan menciptakan lingkungan di dalamnya konsisten, yaitu sejuk ketika musim panas dan hangat ketika musim dingin.

Disadur dari detik.com

Leave A Reply