Investasi Properti

Kamu tahu gak guys, menurut dokumen Realisasi Triwulan II dan Januari-Juni 2023 dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), properti menjadi salah satu dari lima besar sektor yang menyumbangkan realisasi investasi terbanyak di Indonesia pada paruh pertama tahun 2023 ini alias Semester I-2023. Properti yang dimaksud mencakup sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran.

Sebagai informasi, total realisasi investasi di Indonesia pada paruh pertama 2023 ini sudah tembus Rp 678,7 triliun, atau setara 48,5% dari target tahun 2023 sebesar Rp 1.400 triliun. Dari jumlah tersebut, sektor properti bertengger di urutan empat terbanyak dengan realisasi investasi sebesar Rp 58,3 triliun.

Torehan investasi pada sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran itu datangnya dari akumulasi dari Penanaman Modal Asing (PMA) serta Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Untuk PMA, properti meraup investasi 1,3 miliar Dolar AS atau setara Rp 20,38 triliun dari 3.495 proyek. Raihan ini membuat realisasi investasi PMA Semester I-2023 menempati urutan enam terbanyak. Sedangkan untuk PMDN, realisasinya tembus Rp 37,9 triliun dari 5.303 proyek.

Raihan itu bikin sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran itu berada di posisi ke-2 terbanyak capaian investasi PMDN selama paruh pertama tahun 2023 ini.

Untuk sektor yang paling banyak berkontribusi terhadap total realisasi investasi selama Semester I-2023 adalah industri logam dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatannya. Realisasinya total dari akumulasi dari PMDN dan PMA yakni sebesar Rp 89 triliun.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply